Jumat, 15 Juli 2016

SETTING MIKROTIK UNTUK MELIMIT BANDWITH MENGGUNAKAN QUEUE

Assalamu'allaikum Wr. wb
Selamat sore kawan, untuk kali ini saya ingin mengajak kalian untuk setting mikrotik untuk limit bandwitdh menggunakan Queue, seperti biasa kita harus faham terlebih dahulu tentang apa itu limit bandwith dan apa itu Queue, dan berikut ini adalah ulasanya mari kita simak.

* Pengertian
Limit bandwith/Manajemen bandwidth adalah proses mengukur dan mengendalikan komunikasi (lalu lintas, paket) pada link jaringan, untuk menghindari mengisi link ke kapasitas atau overfilling link, yang akan menghasilkan kemacetan jaringan dan kinerja yang buruk dari jaringan. manajemen bandwidth diukur dalam bit per detik (bit / s) atau byte per detik (B / s).
Queue adalah tools yang terdapat pada winbox mikrotik yang berfungsi untuk melimit bandwith.

* Latar belakang
Dalam hal ini saya melakukan hal ini saya dasari dengan biasanya wifi/hotspot yang sering ngelub atau lemot dalam penggunaan jaringan ini maka dari itu saya lakukan setting berikut agar dapat membantu wifi kita biar tidak mobat-mabit sendiri.

* Maksud dan tujuan
Maksud dan tujuan saya disini adalah untuk mengoptimalkan fungsi/tugas dari limit bandwith itu tersendiri dan berikut ini adalah tugas/fungsi dari limit bandwith:
  •  Mengukur dan mengendalikan komunikasi (lalu lintas, paket) pada link jaringan.
  •  Menghindari mengisi link ke kapasitas atau overfilling link.
  •  Menghasilkan kemacetan jaringan dan kinerja yang buruk dari jaringan.
  •  Manajemen bandwidth diukur dalam bit per detik (bit / s) atau byte per detik (B / s).
* Alat dan tujuan
Alat dan bahan yang kita perlukan untuk setting limit bandwith adalah sebagai berikut:
  •  Pc/Laptop
  • Jaringan internet
  • Router mikrotik
  • Winbox
  • Server
* Langkah-langkah
 1. Pertama kita buka winbox kita terlebih dahulu, namun sebelunya kita harus terkonneksi ke jaringan wifi server kita terlebih dahulu.
2. Setelah itu kita loginkan winbox kita pada mikrotik wifi yang kita gunakan.
3. lalu setelah itu kita klik tab Queues maka kan muncul tampilan berikut, lalu kita klik tanda + untuk menambah settingan Queue, seperti gambar berikut:

4. setelah kita klik tanda + maka muncul tampilan berikut maka pada bagian General kita isikan :
Name : Terserah kalian saja kalau saya disini saya isikan Queue2-LATIHAN3
Target : karna saya disini ingin melimit jaringan wlan maka saya isikan Wlan1
Max limit upload : saya beri 512k
Max limit download : saya beri 512k juga.
Setelah selasai klik apply ok.

5. Setelah kita setting Generalnya kita lanjut ke tab menu advanced pada tab menu ini kita setting pada limit at,
Limit At Target Upload : saya beri 512k
Limit At Target donwload : saya beri 512k
Menjadi seperti gambar berikut:
6. Yang terakhir kita testspeed pada client.
Pada web browser bisa menggunakan : speedtest.net
Pada terminal emulator bisa menggunakan : python

Selesai.

* Kesimpulan
Pada setting berikut digunakan untuk membatasi limit dari upload dan download dari pengguna agar tidak mengalami ngelub wifi. Atau agar bisa terbagi rata bandwith yang terpancar kepengguna.

* Reverensi

0 komentar:

Posting Komentar