Kamis, 21 April 2016

DASAR - DASAR DARI SEBUAH JARINGAN

Assalamu'allaikum sobat,


Ayo kita dikusi kembali,kali ini saya ingin membahas mengenai apasih dasar-dasar jaringan itu,

Jaringan komputer adalah beberapa kumpulan komputer yang saling terhubung satu sama lain dan biasanya mereka saling berbagi sumbar daya,data,informasi dan lain sebagainya

Peralatan yang di butuhkan untuk sebuah jaringan dalah sebagai berikut:

1.MODEM
       medom merupakan alat komunikasi dua arah di mana satu menggunakan modulator yang artinya bagian yang mengubah sinyal informasi ke dalam sinyal pembawa (carrier) dan siap untuk dikirimkan,dan yang satunya lagi di sebut demodulator yang artinya bagian yang memisahkan sinyal informasi (yang berisi data atau pesan) dari sinyal pembawa yang diterima sehingga informasi tersebut dapat diterima oleh penerima dengan baik.


Jenis dari modem yaitu :

*modem ADSL
      modem ADSL(Asymetric Digital Subscribe Line) merupakan peralatan yang biasanya di gunakan untuk menghubungkan router atau komputer ke saluran telepon untuk menggunakan layanan ADSL, atua biasanya modem adsl laungsung berselancar langsung ke internet dan menggunakan sinyal analog secara bebarengan.



Fungsi dari modem:
  • Power supply: Seperangkat alat elektronika yang terdiri dari beberapa komponen-komponen elektronika, dan di rancang untuk menurunkan serta mengubah arus tegangan Alternating current (AC). Hingga menjadi arus tegangan Direct current (DC). Dan di fungsikan sebagai pemberi tenganggan.
  • Koneksi untuk komunikasi data dengan komputer berupa antarmuka Ethernet, USB atau PCI.
  • DSL digital data pump : berfungsi dalam penyaluran dan penerimaan data dari saluran telepon A/DSL.
  • DSL analog chip and line driver : sebagai antarmuka rangkaian digital pada modem termasuk microcontroller dengan saluran telepon A/DSL.
  • Microcontroler : bertugas menangani pengkodean, protokol, pengukuran kualitas saluran, routing, firewall, autentikasi dan fungsi-fungsi lain pada router.
  • Filter : berfungsi melewatkan frekuensi-frekuensi yang digunakan dan menekan frekuensi lainnya termasuk noise.
Tiga tipe koneksi dari modem ADSL yaitu:
  • USB (Universal Serial Bus)
  • Ethernet/LAN Port  
  • wireless
* modem GSM/CDMA
            modem GSM/CDMA adalah modem yang menggunakan frekuensi CDMA 800 MHz atau CDMA 1x. Dan yang terbaru menggunakan frekuensi EVDO Rev-A (setara dengan 3G) dan teknologi CDMA terbaru adalah EVDO Rev-B.


Di modem ini perlu perangkat perangkat lain untuk menguatkan sinyal yaitu bisa ditambahkan antena eksternal dengan koneksi memakai konektor induksi atau memakai pigtail (tergantung jenis modemnya).


antena eksternal


* modem VSAT/WIRELESS
          modem VSAT/WIRELESS(Very Small Aperture Terminal) adalah modem yang berfungsi sebagai stasiun penerima sinyal dari satelit dengan antena penerima berbentuk piringan dengan diameter kurang dari tiga meter.
       Fungsi utama dari VSAT adalah untuk menerima dan mengirim data ke satelit. Satelit berfungsi sebagai penerus sinyal untuk dikirimkan ke titik lainnya di atas bumi. Sebenarnya piringan VSAT tersebut menghadap ke sebuah satelit geostasier. Satelit geostasioner merupakan satelit yang selalu berada di tempat yang sama sejalan dengan perputaran bumi pada sumbunya yang dimungkinkan karena mengorbit pada titik yang sama di atas permukaan bumi, dan mengikuti perputaran bumi pada sumbunya.


* modem kabel
        modem kabel adalah modem yang biasanya nyambung langsung ke TV dengan menggunakan koneksi via saluran TV kabel. biasanya kabel yang di gunakan adalah kabel coaxial.ClearOS mensupport modem kabel (cable modem) baik dengan tipe koneksi external cable maupun external static/dinamic.
 
 2. NIC (Network Interface Card) adalah sebuah kartu jaringan yang di gunakan untuk menyediakan layanan internet.

LAN Card yang biasa di gunakan  adalah kamera yang berbasis teknologi ethernet.

Ethernet LanCard jenisnya ada dua :
   1. 10/100 BaseT
            Bekerja di kecepatan maksimal10mbps sampai 100mbps
   2. Gigabit Lan
           Bekerja di kecepatan maksimal 1000mbps/1 gbps
Tipe konektor LanCard ada dua :
  1. BNC : untuk kabel Coaxial.
  2. RJ45 : untuk kabel UTP/STP (ini yang secara umum dipakai)
Berdasarkan jumlah port
  1. single port landcard
  2.multiport landcard

* swicth dan HUB
    *swicth adalah suatu jenis komponen jaringan komputer yang digunakan untuk menghubungkan beberapa HUB dalam membentuk jaringan komputer yang lebih besar atau menghubungkan komputer-komputer yang memiliki kebutuhan akan bandwidth yang cukup besar.dan biasanya terdapat pada layer 2(datalink layer)dan 3(network layer).switch pada saat pengirimkan data mengikuti MAC address pada NIC (Network Interface Card) sehingga switch mengetahui kepada siapa paket ini akan diterima.Jika ada collision yang terjadi merupakan collision pada port-port yang sedang saling berkirim paket data.

   *HUB adalah sebuah piranti jaringan komputer yang berfungsi untuk menghubungkan peranti-peranti dengan kabel ethernet atau serat optik agar bersikap sebagai satu petak jaringan (network segment).

PENGKABELAN
 media kabel yang di gunakan dalam jaringan macam-macam:

-kabel coaxial
-kabel fiber optic
-kabel twisted pair

nah tapi di sini yang ingin kita bahas adalah kabel twisted pair
     twisted pair adalah kabel jaringan yang terdiri dari beberapa kabel yang dililit perpasangan. Tujuannya dililit perpasangan ada untuk mengurangi induksi elektromagnetik dari luar maupun dari efek kabel yang berdekatan.

jenis kabel twised pair sebagai berikut:
1.UTP ( Unshielded Twisted Pair )
Kabel UTP adalah kabel Twisted Pair tanpa ada foil pelindung luar. Kabel ini umumnya digunakan untuk instalasi indoor dan lalu lintas data yang tidak sensitif.
2.FTP ( Foiled Twisted Pair) atau S/UTP
Kabel FTP atau yang dikenal juga sebagai S/UTP menggunakan aluminium foil untuk melindungi lapisan terluar (dibawah karet luar), untuk mengurangi interferensi elektromagnetik dari luar.
3.STP ( Shielded Twisted Pair ) 
Kabel STP menggunakan lapisan aluminium foil untuk melindungi setiap pasangan kabel didalamnya. Varian lain seperti S/STP juga menambahkan lapisan foil dibawah karet terluar (seperti FTP) untuk pelindungan ekstra terhadap interferensi elektromagnetik


 IP ADDRESS
  • IP (Internet Protocol) terdapat dalam Network Layer (layer 3) OSI.
  • IP address digunakan untuk pengalamatan suatu PC / host secara logic
  • Terdapat 2 jenis IP Address
 IPv4
 Pengalamatan 32 bit
 Jumlah max host 4,294,967,296
IPv6
 Pengalamatan 128 bit
 Jumlah max host 
340,282,366,920,938,463,374,607,431,768,211,456

SUBNETTING

 Subnetting adalah proses dimana untuk memecahkan atau mendistribusikan ip address.
 Konsep subnetting adalah untuk memisahkan ip address dalam satu network menjadi beberapa sub network. Misal, dengan ip range diatas, dibagi lagi ke 4 divisi.Keuntungan sistem subnetting adalah masing -masing subnet memiliki network address dan broadcast address sendiri-sendiri sehingga tidak mengganggu lalu lintas data secara keseluruhan.
 
 

0 komentar:

Posting Komentar