Senin, 25 April 2016

PENGENALAN UBUNTU MATE OLEH MBAH SURO

 UBUNTU MATE


ubuntu mate adalah sebuah sistem  operasi rilisan dari sistem ubuntu 16.04, dan ubuntmate di kabarkan sebagai ubuntu yang resmi dirilis oleh ubuntu 16.04.Banyak yang menklaim distro ini sebagai penjelmaan MATE yang paling indah yang pernah dibuat sampai saat ini! Ubuntu MATE ini tidak hanya berbasis kernel sistem operasi Linux Ubuntu dan dibangun di sekitar lingkungan Desktop MATE yang tampil sangat menarik, namun pada saat yang sama menjadi sistem yang sangat ringan dan sehat untuk “Komputer Usia Lanjut” atau kopula.


Pengembang turunan Ubuntu dengan “remix” mengintegrasikan lingkungan desktop MATE telah merilis edisi baru untuk Ubuntu dengan “rilis final” dari Ubuntu-MATE 14.04 LTS. Media yang diterbitkan pada 2014-11-11 secara praktis menawarkan basis versi 14.04.1 dari rilis jangka panjang (LTS) Ubuntu Linux “trusry tahn” yang menjanjikan jaminan  pembaruan keamanan sampai dengan April 2019.

Menurut Martin Wimpress yang menjelaskan peluncuran versi ini: “Rilis Ubuntu-MATE 14.04 bukan rilis biasa dalam arti bahwa ia didasarkan pada Ubuntu 14.04 dan antarmuka MATE, namun telah ditambahkan beberapa fitur baru dan banyak perbaikan bug. Meskipun rilis dengan kode 14.04, dapat dianggap sebagai versi yang lebih baru dari 14.10. ”

Yang baru dibandingkan dengan versi 14.10 adalah dalam versi 14.04.1 telah ditambahkan MATE-menu  yang diturunkan atau port dari MintMenu dari desktop Cinnamon. Juga aplikasi MATE Tweak hasil dari adopsi MintDesktop. Daftar semua perubahan dan perbaikan lainnya dirinci dalam pengumuman resmi.

Edisi Ini menggunakan tata letak klasik dua-panel dengan cara penggunaan yang yang sederhana, menggunakan menu aplikasi untuk mencari dan membuka aplikasi. Places pada menu digunakan untuk mengakses sistem berkas ( filesystem) lokal dan menu System untuk mengkonfigurasi dan melakukan perubahan tweaking pada OS. Dari panel yang membentang di bingkai bawah layar, pengguna dapat dengan mudah berinteraksi dengan program atau aplikasi yang sedang dibuka, seraya beralih antara empat ruang kerja virtual yang tersedia.

Aplikasi standar termasuk LibreOffice office suite sebagai aplikasi perkantoran lengkap, Mozilla Thunderbird sebagai klien email dan news, peramban Mozilla Firefox, pemutar audio Rhythmbox dan Totem untuk video, Transmission sebagai torrent downloader, Pidgin sebagai multi-protocol instant messenger, Cheese sebagai webcam viewer, HexChat digunakan untuk IRC client dan Shotwell sebagai penampil dan pengelola gambar.

Distribusi ini dua gambar DVD Live ISO yang dirancang untuk mendukung arsitektur 32-bit (i386) dan 64-bit (x86_64 atau amd64) platform hardware. Distribusi menggunakan Ubuntu bootloader di DVD Live sebagai default, yang membutuhkan sekitar tujuh detik untuk proses booting.


Pembaharuan untuk destop MATE 1.12.1. meliputi
  • Perbaikan dan peningkatan dukungan GTK3 di seluruh Desktop MATE termasuk dukungan GTK 3.18.
  • Dukungan touchpad secara signifikan ditingkatkan termasuk fitur multi touch yang bergulir alami.
  • Dukungan multi monitor yang telah ditingkatkan sehingga pengaturan tampilan menggunakan nama output dan UI direvisi memungkinkan Anda mengatur monitor utama.
  • Kekuatan applet sekarang menampilkan model dan informasi vendor sehingga Anda dapat membedakan antara beberapa perangkat bertenaga baterai.
  • Peningkatan manajemen sesi yang sekarang termasuk penghambatan screensaver saat menggunakan Media Player.
  • MATE sekarang mendengarkan namespace org. Gnome Session Manager.
  • Diperpanjang dukungan systemd.
  • Fix bug yang telah menunggu lama dan panjang serta sedikit kegunaan paper-cuts.
  • Misalnya, applet panel tidak lagi mengatur kembali ketika mengubah resolusi layar.
  • Control Contre dan Sistem kategorisasi menu sekarang konsisten.


Sedangkan pembaruan aplikasi pada
  • Update untuk Wellcome Ubuntu MATE 16.04.1
  • Update MATE Tweak 3.5.5
  • Update Pengaturan Ubuntu MATE 16.04.1
  • Update Artwork Ubuntu MATE 16.04.1
  • Update Menu MATE 5.6.7.

mungkin baru ini yang bisa saya sampaikan mengenai ubuntu mate jika kurang jelas,kalian bisa buka alamat web brwoser:

0 komentar:

Posting Komentar