Kamis, 16 Juni 2016

CARA CEK PENGGUNAAN BANDWIDTH PADA SERVER LINUX MENGGUNAKAN VNSTAT

Assalamu'allaikum Wr. Wb
Hai kawan kali ini saya ingin mengajak kalian untuk belajar bagaimana cara mengetahui penggunaan bandwidth pada server linux, namun sebelum kita belajar langkah-langkahnya kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu bandwith, dan berikut ini adalah ulasannya mari kita simak,




* Pengertian
Bandwidth adalah perbedaan antara frekuensi terendah dan frekuensi tertinggi dalam rentang tertentu.bandwidth adalah luas atau lebar cakupan frekuensi yang digunakan oleh sinyal dalam medium transmisi..

* Latar belakang
Bandwidth (lebarpita) dalam ilmu computer adalah suatu penghitungan konsumsi data yang tersedia pada suatu telekomunikasi. Dihitung dalam satuan bits per seconds (bit per detik). Perhatikan bahwa bandwidth yang tertera komunikasi nirkabel, modem transmisi data, komunikasi digital, elektronik, dll, adalah bandwidth yang mengacu pada sinyal analog yang diukur dalam satuan hertz (makna asli dari istilah tersebut) yang lebih tepat ditulis bitrate daripada bits per second.

* Mangsud dan tujuan
Mangsud dan tujuan saya di sini adalah untuk mengetahui penggunaan bandwidth yang saya gunakan pada linux server, dan agar tidak terlanjur jika terjadi kesalahan.

* Alat dan bahan
  • Pc/Laptop
  • Jaringan internet
  • Server
  • terminal emulator
* Langkah - langkah 
1. Pertama kita install terlebih dahulu aplikasinya disini saya menggunakan aplikasi vnstat. installasi ini di lakukan di terminal emulator maka kita buka terminal terlebih dahulu dengan klik ctrl+alt+T. lalu ke user superuser dengan ketikan sun lalu masukan password anda.
perintah untuk menginstall vnstat adalah berikut:
" apt-get install vnstat "
 2. Jika kita ingin menggunakan cukup dengan ketikan kata " vnstat "
maka akan muncul tampilan berikut,
 Gambar berikut adalah menandakan bahwa server kita sedang tidak aktif
Kalau gambar ini berarti server aktif dan berikut ini adalah penjelasan mengenai isi dari gambar diatas.

Diman rx adalah transfer bandwidth masuk (download), tx adalah transfer bandwidth keluar (upload) dan ini yang dibatasi biasanya, total adalah keseluruhan, dan estimed merupakan perkiraan konsumsi bandwidth sampai hari ini dihitung dari awal bulan.

selesai selamat mencoba semoga berhasil.

* Kesimpulan 
Pada kali ini prosess installasi sebenarnya cukup mudah dan akan memudahkan kita untukn slalu mengecek bandwidth pada server kita.
* Reverensi
https://servernesia.com/609/cara-cek-penggunaan-bandwidth-server-linux/ 
https://id.wikipedia.org/wiki/Lebar_pita
http://lintut.com/how-to-install-and-use-vnstat-on-linux/

0 komentar:

Posting Komentar