Kamis, 23 Juni 2016

SIMULASI POINT TO POINT MENGGUNAKAN CISCO PACKET TRACER

Assalamu'allaikum Wr. Wb
Untuk kali ini saya ingin mengajak kalian untuk belajar simulasi point to point menggunakan packet tracer, seperti biasa sebelum kita melakukan simulasi kita perlu mengetahui penjelasan dari masing-masing definisi dan berikut ini adalah ulasannya mari kita simak bersama definisi- definisi yang perlu kita ketahui.



* Pengertian
 
Packet Tracer adalah aplikasi yang digunakan untuk simulator jaringan / simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer.
Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu.
Point to point adalah data link protokol yang umum digunakan dalam membangun hubungan langsung antara dua node jaringan.

* Latar belakang
PPP biasanya digunakan sebagai lapisan data link protokol untuk koneksi melalui sinkron dan sirkuit asycincous di mana sebagian besar telah digantikan yang lebih tua serial baris internet protokol (SLIP) dan perusahaan telepon standar diamanatkan.

* Maksud dan tujuan
Maksud dan tujuan saya disini adalah untuk mengoptimalakn fungsi dari point to point itu tersendiri dan berikut ini  adalah fungsi point to point :
  • Untuk membangun hubungan langsung antara dua node pada jaringan.
  • Menyediakan koneksi otentikasi, transmisi enkripsi dan kompresi.
* Alat dan bahan
Alat yang kita perlukan kali ini adalah hanya aplikasi cisco packet tracer.
* Langkah - langkah
1. Pertama kita buka terlebih dahulu cisco packet tracernya.
2. Setelah itu kita siapkan alat yang kita perlukan seperti gambar berikut:
3. Setelah semua alat disiapkan maka kita sambungkan alat tersebut dengan kabel utp bertipe cross .seperti gambar berikut:
4. Setelah itu kita setting pc0 terlebih dahulu dengan cara kita klik 2 kali pc tersebut lalu pilh menu dekstop lalu kita pilih lagi ip konfiguration lalu kita isikan ip address ,subnetmask, seperti gambar berikut ini.
5. Setelah itu kita setting pc1 seperti pc0 tadi seperti gambar berikut ini:
6. Setelah itu kita lakukan uji coba dengan cara kita kirimkan surat dari satu pc ke pc yang lain dengan car kita klik gambar surat lalu kita arahkan ke pc0 ke pc1 jika hasil di bawah sudah sucesfully maka sudah berhasil.

Selesai.


* Kesimpulan
PPP memungkinkan beberapa protokol lapisan jaringan untuk beroperasi pada link komunikasi yang sama. Untuk setiap protokol lapisan jaringan yang digunakan, yang terpisah network control protocol(NCP) disediakan dalam rangka untuk membungkus dan menegosiasikan opsi untuk beberapa protokol lapisan jaringan. 

* Reverensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Point-to-Point_Protocol
http://tri32wulandari.blogspot.co.id/
http://novidwilestari2.blogspot.co.id/2016/04/membangun-jaringan-peer-to-peer-cisco.html

0 komentar:

Posting Komentar