Selasa, 21 Juni 2016

HAL-HAL YANG HARUS DILAKUKAN SETELAH INSTALLASI PHPMIXBILL

Assalamu'allaikum Wr,Wb
Untuk kali ini saya ingin mengajak kalian untuk mengetahui hal-hal dasar yang harus dilakukan ketika selesai install phpmixbill, namunsebelum itu kita perlu faham terlebih dahulu apa itu phpmixbill, dan berikut ini adalah ulasan dari phpmixbill, tapi sebelumnya maaf jika ulasan berikut masih sama dengan blog yang sebelumnya karna kan masih satu aplikasi jadi tidak menutup kemungkinan untuk sama.


* Pengertian 
PHPMixbill adalah sebuah aplikasi biling hostpot dan PPPoE untuk mikrotik dengan menggunakan bahasa pemograman PHP dan menggunakan API mikrotik sebagai komunikasi router.

* Latar belakang 
PHPMIXBILL memiliki fasilitas lengkap dan memanajemen bandwith yang memungkinkan untuk membuat paket sistem prepaid serta membuat voucher secara cepat dengan fasilitas voucher generator maka dari pada itu saya lakukan installasi phpmixbill agar mempermudah kerja mikrotik dalam menangani jaringan.

* Maksud dan tujuan 
Maksud dan tujuan saya disini adalah untuk mengoptimalkan kegunaan dari phpmixbill itu sendiri dan berikut ini adalah kegunaan dari phpmixbill:

  • agar semua user terkoneksi secara otomatis dari aktifitas berinternetnya setelah paket expire.
  • untuk memberikan notifikasi sms kepada user yang telah membeli packet.
  • memberikan paket aktif dan paket expire.
* Alat dan bahan
  • PHPmixbill 
  • termina emulator
  • jaringan internet
* Langkah-langkah
1. pertama kita buka browser dan ketikan http://localhost/billing/upload/cpadmin/index.php atau kita buka phpmixbill yang sudah kita install.


2. Setelah kita berhasil login, pertama yang harus di setting yaitu Setting Mikrotik, dengan cara klik menu Setting >> Setting Mikrotik. Masukkan IP, Username dan Password Mikrotik Anda.
Lalu kita isikan ip, username dan password maka kita klik simpan maka akan muncul tampilan sukses seperti gambar berikut:
2. Setelah kita setting ip maka  kita akan mengatur paket/produk yang akan di jual. Klik menu hotpost>>
Manage Paket >> Tambah Paket. – Nama Paket : Ingat Jangan Pake Space – Rate (speed paket Upload/Download contoh: 512k/1024k) – Limit: Jika jenis Unlimited isi: Unlimited Jika TimeBase isi: jumlah jam (contoh 25 Jam masukkan : 25 ) Jika QuotaBase isi: jumlah bytes (contoh 1 Giga : 1073741824) converter: http://www.whatsabyte.com/P1/byteconverter.htm – Masa Aktiv : tulis jumlah masa aktiv misal untuk 30 Hari isi: 30

 3. Setelah itu kita tambahkan user dengan cara klik Manage User >> Tambah User. Isi data dengan benar ingat jangan sampe lupa username tidak boleh pakai space.

Selesai.

* Kesimpulan
Pada aplikasi ini banyak fitur-fitur yang dapat kita gunakan dan aplikasi ini juga aplikasi yang sangat cocok dengan mikrotik.

* Reverensi
http://www.phpmixbill.com/cara-penggunaan-dasar-phpmixbill/
http://localhost/billing/upload/cpadmin/index.php?page=user&act=edit&id=1
http://www.ilhampristiyan.ga/2016/06/hal-dasar-setelah-instalasi-phpmixbill.html

0 komentar:

Posting Komentar