Rabu, 15 Juni 2016

CARA MENGINSTALL APLIKASI KAMUS DI LINUXMINT DENGAN TERMINAL EMULATOR

Assalamu'allaikum Wr. Wb

Untuk kali ini saya akan mengajak kalian untuk meminstal kamus di sistem operasi linux yang sangat mudah dan cepat.namun sebelum itu kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu kamus maka kita simak terlebih dahulu ulasanya berikut ini.


* Pengertian 
Kamus adalah sejenis buku rujukan yang menerangkan makna kata-kata. Ia berfungsi untuk membantu seseorang mengenal perkataan baru. Selain menerangkan maksud kata, kamus juga mungkin mempunyai pedoman sebutan, asal usul  sesuatu perkataan dan juga contoh penggunaan bagi sesuatu perkataan. Untuk memperjelas kadang kala terdapat juga ilustrasi di dalam kamus.  

* Latar belakang 
Sejarah kata itu jelas memperlihatkan makna dasar yang terkandung dalam kata kamus, yaitu wadah pengetahuan, khususnya pengetahuan bahasa, yang tidak terhingga dalam dan luasnya. Dewasa ini kamus merupakan khazanah yang memuat perbendaharaan kata suatu bahasa, yang secara ideal tidak terbatas jumlahnya.

* Alat dan bahan
  • pc/laptop
  • terminal emulator
  • tab menu pada SO
* Mangsud dan tujuan
Mangsud dan tujuan saya disini menginstall kamus adlah untuk mempermudah perkerjaan saya sehari-hari untuk mengetahui arti dari kata yang kurang saya ketahui.

* Langkah - langkah
1. Pertama kita buka termnal emulator kita terlebih dahulu, setelah itu kita masuk sebagai user superuser dengn perintah su lalu masukan password pada pc kita.
2. Setelah itu kita ketikan perintah berikut ini :
"apt-get install gkamus" lalu kita enter maka muncul tampilan berikut ini.
 maka ketikan y lalu enter lalu tunggu proses hingga selesai.

3. Setelah itu mita buka menu pada pojok bawah lalu tuliskan pada seacrh gkamus jika sudah muncul alngsung saja kita klik 2 kali untuk kita gunakan maka akan muncul tampilan berikut ini:

 Ayo kita coba kita coba dengan kata word ternyata artinya kata .
selesai.

* Kesimpulan 
Pada praktek kali ini saya menyimpulan bahwa proses install kamus sangat mudah dan kamus ini sangat bermanfaat bagi saya untuk membantu saya untuk mengetahui arti kata yang tidak saya ketahui.

* Reverensi
https://pingkuin.blogspot.co.id/2016/05/gkamus-aplikasi-kamus-simpel-dan-ringan.html
https://id.wikipedia.org/wiki/Kamus

0 komentar:

Posting Komentar