Rabu, 22 Juni 2016

SIMULASI ROUTNG MENGGUNAKAN PACKET TRACER

Assalamu'allaikum Wr .Wb
Hai kawan untuk kali ini saya ingin mengajak kalian untuk membuat simulasi routing menggunakan aplikasi cisco packet tracer, namun seperti biasanya sebelum kita praktek kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu packet tracer dan apa itu simulasi maupun routing , dan berikut ini adalah ulasan mengenai cisco packet tracer.


* Pengertian
Packet Tracer adalah aplikasi yang digunakan untuk simulator jaringan / simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer.
Simulasi adalah suatu proses peniruan dari sesuatu yang nyata beserta keadaan sekelilingnya (state of affairs). Aksi melakukan simulasi ini secara umum menggambarkan sifat-sifat karakteristik kunci dari kelakuan sistem fisik atau sistem yang abstrak tertentu.
Routing adalah proses pemilihan jalur terbaik dalam jaringan.
 
* Latar belakang
Praktek kali ini berlatar belakang pada banyaknya kegagalan prakterk routing secara langsung maka dari itu saya memilih melakukan praktek simulasi routing ini di packet tracer agar tidak terjadi kerugian yang seberapa karna jika di packet tracer masih banyak cara untuk mengulangi.
* Maksud dan tujuan 
Maksud dan tujuan saya disini adalah untuk mengoptimalkan fungsi dan tujuan routing secara umum dan berikut ini adalah fungsi dari routing itu sendiri:
  • menentukan jalur pengiriman data dalam suatu jaringan, 
  • menentukan jumlah host dalam jaringan, dan lain-lain sehingga suatu kiriman paket data dapat sampai alamat tujuan berdasarkan IP address yang dituju.
* Alat dan bahan
Disini alat yang akan kita gunakan dalam simulasi routing ini adalah sebagai berikut:
  •  Aplikasi cisco packet tracer 
         Alat simulasi dalam packet tracer:
            1. router
            2. switch
            3. pc
* Langkah - langkah
1.  Pertama kita buka aplikasi cisco packet tracer terlebih dahulu.
 2. Setelah itu kita buat topologi yang kita inginkan terlebih dahulu disini saya ingin membuat topologi yang sederhana dan beginilah jaringan yang ingin saya buat.
3. Setelah itu kita siapkan semua alat yang ingin saya configurasi tersebut, dan berikut adalah alat yang saya perlukan:
4. Setelah semua siap kita sambungkan semua alat dengan kabel bertipe straight seperti gambar berikut:
5. Setelah semua tersambung dengan kabel maka kita sekarang mulai konfigurasi, konfigurasi yang harus kita lakukan terlebih dahulu adalah konfigurasi pada router kita terlebih dahulu.Dengan cara klik 2 kali router anda lalu kita pilih tab CLI dan berikut ini adalah script yang harus di masukan.
konfigurasi eth 0/0
 jika muncul tampilan berikut ketikan no saja lalu enter.
 Nah inilah hasilnya jika kita configurasi secara benar maka lampu kabel pada eth 0/0 sudah menyala hijau.
Konfigurasi eth 0/1
kita lanjutkan pada bagian bawah yang tadi seperti berikut:
Nah sekarang semua lampu kabel sudah menyala berati konfigurasi yang kita lakukan benar dan berhasil.
6. Setelah itu kita lakukan konfigurasi pada pc kita terlebih dahulu untuk memberikan ip dan berikut adalah caranya, klik 2 kali pc maka akan muncul tampilan berikut pilih dekstop.
 Nah pada menu dekstop kita pilih ip configuration.
Pada ip configuration kita isikan ip subnet dan gateway.
Lakukan ke PC yang lain.

7. Langkah selanjutnya adalah pengecekan bisa kita lakukan dengan comentpromt ataupun dengan sms/surat yang terdapat di aplikasi cisco paket tracer.
Lewat surat/sms.
kita klik gambar surat di bagian kiri lalu kita letakkan di pc atau alat yang ingin kita beri surat jika sudah succesfully maka sudah berhasil namun jika belum atau masih failed maka perlu pengecekan ulang pada configurasi kita.
Lewat comment promt
kita klik 2 kali pc atau alat yang lain yang ingin kita gunakan untuk mengirim surat setelah itu pilih dekstop lalu kita pilih comment promt maka ketika ping 192.168.12.2
Selesai.

* Kesimpulan
Routing, dalam arti yang lebih sempit istilah, sering kontras dengan bridging dalam asumsi bahwa alamat jaringan yang terstruktur dan bahwa alamat yang sama menyiratkan kedekatan dalam jaringan. alamat terstruktur memungkinkan entri tabel routing tunggal untuk mewakili rute ke sekelompok perangkat.

* Reverensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Simulasi 
http://tri32wulandari.blogspot.co.id/2016/06/cara-installasi-cisco-packet-tracer-di.html 
http://novidwilestari2.blogspot.co.id/2016/05/simulasi-routing-interconnect-network.html 
https://en.wikipedia.org/wiki/Routing


0 komentar:

Posting Komentar