Jumat, 17 Juni 2016

CARA INSTALLASI CISCO PACKET TRACER DI LINUXMINT

Assalamu'allaikum
Untuk kali ini saya ingin mengajak kaliann untuk menginstall cisco packet tracer pada linuxmint, namun sebelum kita menginstall kita perlku mempelajari ulang tentang ulasan apa itu packet tracer di blog sebelumnya, namun disini juga akan sedikit memaparkan pengertian cisco dan berikut ini adalah ulasannya.


*Pengertian
Packet Tracer adalah aplikasi yang digunakan untuk simulator jaringan / simulator alat-alat jaringan Cisco yang sering digunakan sebagai media pembelajaran dan pelatihan, dan juga dalam bidang penelitian simulasi jaringan komputer.

*Latar Belakang

Tujuan utama Packet Tracer adalah untuk menyediakan alat bagi siswa dan pengajar agar dapat memahami prinsip jaringan komputer dan juga membangun skill di bidang alat-alat jaringan Cisco.

*Fungsi-fungsi dari packet tracer 

Fungsinya adalah untuk merancang sebuah sistem atau topologi jaringan yang akan di terapkan pada dunia nyata/kerja, karena kalau kita merancang topologi jaringan komputer tanpa bantuan aplikasi seperti ini bisa  membutuhkan biaya yang mahal. Makanya cisco membuat aplikasi seperti ini agar orang dapat belajar tanpa membutuhkan biaya yang mahal.


* Alat dah bahan
  • software cisco packet tracer
  • terminal emulator
  • pc / laptop
* Langkah - langkah
1. Kita download terlebih dahulu software nya mungkin bisa di alamat berikut ini.disini
2. Setelah selesai download kita pindahkan ke directory home.
3. Setelah itu kita buka terminal kita dengan perintah ctrl+alt+T lalu masuk sebagai user superuser.
3. Setelah itu kita beri hak akses terlebih dahulu dengan perintah berikut ini
"chmod 777 PacketTracer533_i386_no_tutorials_installer-deb.bin "

4. Setelah itu kita unzip dengan perinth berikut ini:
"./PacketTracer533_i386_no_tutorials_installer-deb.bin"

Tunggu sampai selesai meng extrac setelah berhasil meng-extract, tekan Enter sampai 100% (catatan: hati-hati jangan sampai kelebihan menekan Enter nya, karena akan mengulangi dari awal lagi).



5. Tunggu sampai proses instalasi selesai, setelah selesai, aplikasi Cisco Packet Tracer biasanya ada di Menu > Internet. Jika tidak ada, coba restart komputer Anda.
6. Lalu mari kita gunakan bersama berikut ini adalah tampilan awal dari cisco packet tracer

selesai.

* Kesimpulan
 Software ini ditujukan untuk pengajaran awal networking sehingga user dapat memahami bagaimana cara kerja suatu networking devices. Bisa dikatakan bahwa packet tracer merupakan program simulasi jaringan, sehingga user dapat membangun jaringan sendiri, mengobservasi “tingkah laku” dari data frame serta paket-paket yang melalui router, switch, dan peralatan lainnya. Tujuan utama kita menggunakan Packet tracer yaitu untuk membantu kita memahami fungsi-fungsi dasar dari berbagai networking devices dan bagaimana peralatan tersebut menghandle frame dan paket-paket.

* Reverensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Packet_Tracer  
https://wonk4rol.wordpress.com/2012/05/11/cara-mudah-install-cisco-packet-tracer-5-3-2-di-linux-ubuntu/ 





0 komentar:

Posting Komentar