Kamis, 30 Juni 2016

CARA MENGATASI PORT ETHERNET YANG TIDAK AKTIF (wired device not managed) PADA LAPTOP


Assalamu'allaikum Wr.Wb
Hai kawan untuk kesempatan kali ini saya ingin berbagi sedikit sedikit ilmu  bersama kalian yaitu tentang cara mengatasi ethernet yang tidak aktif pada laptop kita. namun sebelum kita mengkonfigurasi hal tersebut kita perlu mengetahui apa itu ethernet ? dan apa itu network? dan berikut ini adalah ulasannya mari kita simak bersama!

* Pengertian
Ethernet  adalah keluarga teknologi jejaring komputer untukjaingan wilayah setempat (LAN). 
Network adalah jejaring komunikasi yang memungkinkan antar komputer untuk saling bertukar data.

* Latar belakang
Ethernet mulai merambah pasaran pada tahun 1980 dan dibakukan pada tahun 1985 sebagai IEEE 802.3. Ethernet telah berhasil menggantikan kabel teknologi LAN yang ikut bersaing lainnya.
Tujuan dari jaringan komputer adalah agar dapat mencapai tujuannya, setiap bagian dari jaringan komputer dapat meminta dan memberikan layanan (service). Pihak yang meminta/menerima layanan disebut klien dan yang memberikan/mengirim layanan disebut peladen. Desain ini disebut dengan sistem client-server, dan digunakan pada hampir seluruh apikasi jaringan komputer.

*Maksud dan tujuan
Maksud dan tujuan saya di sini adalah untuk mengatasi masalah yang kemungkinan terjadi di pc anda atau di pc saya sendiri seperti kali ini,maksud saya adlah untuk mengatasi kesalah jika suatu saat kita ingin setting sesuatu yang memerlukan athernet namun ethernet kita tidak dapat kita gunakan tidak usah takut dan bingung kita konfigurasi saja.

* Alat dan bahan

  • Pc/laptop
  • Jaringan internet
  • terminal emulator
  • kabel UTP
* Langkah-langkah
1. Pertama kita buka terlebih dahulu terminal emulator kita lalu kita masuk sebagai user superuser dengan cara ketikan su lalu kita masukan password pc kita.
2. Setelah itu kita ketikan perintah berikut ini:
"ifconfig -a"
3. Setelah itu kita ketika perintah berikut ini :
" nano /etc/NetworkManager/NetworkManager.conf "
Lalu kita edit seperti berikut ini, dari managed-false kita ubah menjadi managed-true untuk mengaktifkan network managed yang tidak aktif tadi.
seperti gambar berikut:
 Lalu kita keluar dengan klik tombol Ctrl+X lalu Y untuk menyimpan.
4. Lalu kita restart sevice tadi dengan perintah berikut ini:
" service network-manager restart "

5. Langkah selajutnya adalha kita buka tab wifi di bagian bawah dan kita cek pada network managed sudah aktif atau belum seperti gamabar berikut ini:


Selesai.

* Kesimpulan
Apabila ingin membuat jaringan komputer yang lebih luas lagi jangkauannya, maka diperlukan peralatan tambahan seperti Hub Bridge Switch Router Gateway sebagai peralatan interkoneksinya, maka dari itu kita sangat memerlukan athernet atau port pada pc kita.

* Reverensi
https://id.wikipedia.org/wiki/Ethernet
https://id.wikipedia.org/wiki/Jaringan_komputer
http://askubuntu.com/questions/71159/network-manager-says-device-not-managed

0 komentar:

Posting Komentar