Rabu, 04 Mei 2016

CARA INASTALLSI PROXMOX

CARA INASTALLSI PROXMOX


nah sekarang sekarang ayo kit coba install proxmox bersama,

proxmox adalah sebuah distro Linux virtualisasi berbasis Debian ( 64 bit) yang mengusung OpenZV dan KVM, dengan KVM kita tidak hanya bisa menginstall linux saja akan tetapi Operating system windows pun bisa kita instal. Namun yang membuat istimewa dari proxmox adalah kemudahan dalam installasi dan administrasi berbasis Web.


Beberapa keuntungan menggunakan Proxmox sebagai berikut :
  1. Kinerja terbaik.
  2. Instalasi yang telah dioptimalkan, sehingga lebih cepat.
  3. Mudah dalam manajemen.
  4. Cocok untuk kelas Enterprise.
Beberapa hal yang perlu diperhatikan :
  1. Proxmox tersedia hanya untuk hardware 64-bit.
  2. Pada Proses installasi proxmox akan menggunakan seluruh ruang storage yang ada, ini artinya Anda harus menyediakan 1 Server/Komputer dengan HDD khusus hanya untuk proxmox saja.
  3. Installer CD Proxmox hanya bisa diinstall di Single HDD, jadi bagi Anda yang menginginkan kemanan data dengan 2 HDD ( RAID1 ), Anda bisa memanfaatkan RAID Software, dengan mengkonfigurasinya setelah proses instalasi pada HDD pertama selesai.


Prasyarat

 langkah-langkah installasi

1. pertama kita masuk ke bios terlebih dahulu, setelah masuk bios maka simpan sotfware proxmox yang ingn di instal lalu exit.
maka akan muncul tampilan berikut ini:
2. setelah muncul tampilan berikut maka kita tun ggu loadingnnya sebentar,
setelah menunggu maka muncul tampilan berikut ini

3. setelah muncul tampilan berikut maka Kemudian akan muncul halaman yang meminta untuk memilih harddisk. pilih hardisk yang dsediakan. Dilangkah ini juga Forma Hardisk akan dilaksanakan. klik Next.
 4. setelah itu kita  mengatur Location and Time Selection. disini diminta untuk menentukan Country = Indonesia, Time Zone = Asia/Jakarta, Keyboard Layout = U.S. English. Klik Next.
5. langkah selanjutnnya adalah Setting Administration Password & E-mail Address. Isikan password sesuai keinginan dan aman. isikan E-mail menurut e-mail anda/yang ada/sudah dibuat.
6.kemudian setting Network Configuration. isikan hostname, misalnya proxmox.smksakti.sch.id . Ip Address isikan sesuai alamat IP pada Router. untuk yang lain, kita sesuaikan dengan mikrotik yang kita setting.
nah disini saya menberikan hostnamenya dengan proxmox.tarunasakti.sch.id,ip add 192.168.16.2,netmask 255.255.255.0 , gateway 192.168.16.1 ,dns 192.168.16.1

7.Kemudian tunggu proses Installasi hingga komputer meminta reboot.setelah  reboot komputer kemudian cabut media bootable.
8.nah setelah di reboot maka komputer akan menyala kembali dan akan muncul tampilan berikut:
selesai.

sumber:
http://opensource.telkomspeedy.com/wiki/index.php/Proxmox:_Instalasi_melalui_USB


0 komentar:

Posting Komentar