Jumat, 13 Mei 2016

KONFIGURASI TCP/IP

Assalamu'allaikum kawan,

nah disini saya ingin berbagi ilmu mengenai konfigurasi TCP/IP tapi sebelum saya konfigurasi kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu TCP/IP,


TCP/IP adalah gabungan dari protokol TCP (Transmission Control Protocol) dan IP (Internet Protocol) sebagai sekelompok protokol yang mengatur komunikasi data dalam proses tukar-menukar data dari satu komputer ke komputer lain di dalam jaringan internet yang akan memastikan pengiriman data sampai ke alamat yang dituju.

disini saya mengkonfigurasi TCP/IP guna untuk mempermudah sebuah konsep yang penting karena suatu fungsi yang rumit yang berkaitan dengan komunikasi dapat dipecahkan menjadi sejumlah unit yang lebih kecil.dan mempermudah konfigurasi-konfigurasi yang lain.

alat yang digunakan dalam konfigurasi TCP/IP adalah sebagai berikut:
1.pc/laptop
2.sistem operasi disini saya gunakan debian 8
3.pc server lengkah dengan proxmox
4.jaringan internet
5. aplikasi terminal untuk linux, cmd untuk windows

disini saya mengkonfigurasi TCP/IP guna untuk mempermudah sebuah konsep yang penting karena suatu fungsi yang rumit yang berkaitan dengan komunikasi dapat dipecahkan menjadi sejumlah unit yang lebih kecil.dan mempermudah konfigurasi-konfigurasi yang lain.

nah berikut ini adalah langkah-langkah yang ingin kita jalankan untuk konfigurasi TCP/IP:
1. pertama kita buka terminal dengan parentah ctrl+alt+t maka akan muncul tampilan berikut:

 2. setelah muncul tampilan berikut maka kita masuk ke super user terlebih dahulu dengan perintah sudo su lalu masukan password pc anda.
nah disini kita sudah memasuki root super user.
3. tapi disini saya ingin mengkonfigurasi pada layanan server saya bukan pada layanan local saya, jadi saya perlu pindah terlebih dahulu ke user server kita dengan perintah ssh lalu ketikan nama useranda dan ip server anda maka ketikan perintah:
"ssh usersakti3@192.168.11.3" lalu tekan enter maka ai akan meminta memasukan password, nah disini password yang diminta adalah password debian yang anda insstal di proxmox anda.
4.setelah itu kita langsung mengkonfigurasi TCP/IP Statik ini agar server lebih mudah diakses dengan satu ip yang sama dan tidak berubah, ubah file interfaces.dengan perintah:
"nano /etc/network/interfaces" lalu enter :
lalu kita sesuaikan ip pada debian yang kita install tadi lalu kita klik ctrl+x untuk keluar dan Y untuk menyimpan.

5.setelah itu kita lakukan restart pada interfaces tersebut dengan perintah
"/etc/init.d/networking restart" lalu tekan enter, jika sudah ok maka konfigurasi pada interfaces berhasil jika masih fail maka masih ada konfigurasi yang belum tepat maka perlu di cek ulang kembali.

nah mungkin hanya itu dari konfigurasi tersebut dapat di simpulkan bahwa konfigurasi ini berguna untuk mengaktifkan LAN CARD/ethernet agar dapat terkoneksi dengan jaringan baik local ataupun internet.


panduan:
buku konfigurasi Debian Server_Ver_BLC-Telkom.pdf--debian
https://id.wikipedia.org/wiki/Suit_protokol_internet

0 komentar:

Posting Komentar