Senin, 09 Mei 2016

INSTALL DEBIAN "session 1"

Assalamu'allaikum

nah kali ini saya ingin membagikan sedikit ilmu mengenai bagaimana menginstall debian 8 lewat proxmox server.




sebelum kita lakukan installasi kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu debian 8.Debian 8 adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.


Latar belang dari debian adalah Debian terkenal dengan sikap tegas pada filosofi dari Unix dan perangkat lunak bebas. Debian dapat digunakan pada beragam perangkat keras, mulai dari komputer jinjing dan desktop hingga telepon dan server. Debian fokus pada kestabilan dan keamanan. Debian banyak digunakan sebagai basis dari banyak distribusi GNU/Linux lainnya.
Sistem operasi Debian merupakan gabungan dari perangkat lunak yang dikembangkan dengan lisensi GNU, dan utamanya menggunakan kernel Linux, sehingga populer dengan nama Debian GNU/Linux. Sistem operasi Debian yang menggunakan kernel Linux merupakan salah satu distro Linux yang populer dengan kestabilannya. Dengan memperhitungkan distro berbasis Debian, seperti Ubuntu, Xubuntu, Knoppix, Mint, dan sebagainya, maka Debian merupakan distro Linux yang paling banyak digunakan di dunia.

nah disini alat yang kita butuhkan adalah sebagai berikut:
  • Pc/komputer
  • ISO debian 8
  • Jaringan internet
  • Aplikasi proxmox yang sudah terinstall di server


disini maksud dan tujuan saya menginstal debian 8 adalah digunakan untuk pengoperasian server yang sudah kita bangun karena fungsinya debian bisa sebagai server jaringan atau pengatur proses jaringan seperti router, repeater dan yang lainnya selain itu (Operating System) os debian juga terkenal dengan kesetabilannya di banding dengan distro linux yang lainnya os debian lebih stabil, jadi kita bisa memakai atau memaksimalkannya dengan pc atau laptop yang spesifikasinya low atau rendah.  Os debian juga berfungsi untuk Troubleshooting dalam arti bisa mendeteksi kesalahan yang ada pada hardware, software maupun dari netwok/jaringan.

nah inilah yang di tunggu-tunggu yaitu proses atau langkah installasi debian 8 adalah sebagai berikut:

1. pertama kita siapkan terlebih dahulu semua peralatan termasuk proxmox, untuk itu langsung saja kita buka proxmox dengan cara ketikan di url https://192.168.16.2:8006(sesuai ip server anda) lalu enter maka akan muncul tampilan berikut:

 2. setelah kita buka aplikasi proxmox maka kita pilih creat nwe VM maka akan muncul tampilan berikut ini:
3. nah pada tampilan ini kita masuk pada menu tab general, pada menu general ini pada bagian biarkan proxmox pada bagian VM ID ubah menjadi 470 dan pada name kita beri aplikasi yang ingin anda instal disini saya ingin menginstal debian maka saya beri debian 8 lalu kita klik next.
4. setelah kita klik next maka kita akan lanjut ke tab menu selanjutnya yaitu tab menu OS nah disini kita suruh memilih salah satu OS yang ingin kita instal maka di sini saya memilih linux 4.x/3.x/26 kernel lalu klik next.
5. selanjutnya pada menu CD/DVD kita pilih use CD/DVD disk image file(iso) nah pada bagian storage kita biarkan local untuk bagian ISO image kita pilih debian.8.3.0-amd-64 DVD lalu kita klik next.
6. setelah kita di menu CD/DVD kita lanjut pada menu hard disk, di menu ini kita hanya perlu mengubah disk size saja kita ubah menjadi 100 lalu kita klik next.
7. lanjut ke menu CPU, pada menu ini langsung saja kita klik next.
8.lanjut pada menu memory di menu ini kita pilih use fixed use memory lalu kita isikan memory (MB) dengan 1024 lalu kita klik next.
9. lanjut pada menu network pada menu ini kita pilih bridge mode lalu kita isikan VLAN Tag yaitu 1024 untuk yang lain biarkan saja lalu kita klik next.
10. lanjut ke menu confrim nah di menu ini kita cukup klik saja finish.







reverensi:
https://id.wikipedia.org/wiki/Debian
https://www.debian.org/ , http://id.wikipedia.org/wiki/Debian ,


kesimpulan dari postingan ini adalah perlu proses yang rumit untuk melakukan instalsasi debian dan butuh ketelitian yang jeli. ini adalah langkah awal untuk installasi debian untuk lebih lanjutnya tunggu blog kami yang selanjutnya, silahkan buka blog saya http://tri32wulandari.blogspot.co.id/ untuk lebih lanjutnya, ok.



0 komentar:

Posting Komentar