Senin, 09 Mei 2016

INSTALL DEBIAN "session 2"

Assalamu'allaikum kawan,


yuk kita lanjut lagi dengan installasi debian dari blog sebelumnya untuk mengingat lagi sekarang ayo kita ulas sedikit mengenali debian.Debian adalah sistem operasi komputer yang tersusun dari paket-paket perangkat lunak yang dirilis sebagai perangkat lunak bebas dan terbuka dengan lisensi mayoritas GNU General Public License dan lisensi perangkat lunak bebas lainnya. Debian GNU/Linux memuat perkakas sistem operasi GNU dan kernel linux merupakan distribusi Linux yang populer dan berpengaruh. Debian didistribusikan dengan akses ke repositori dengan ribuan paket perangkat lunak yang siap untuk instalasi dan digunakan.


apa kita perlu mengulang latarbelakang dan lain sebagianya, tapi menurut saya tidak usah ya untuk menyingkat waktu kita langsung saja lanjut pada langkah-langkah installasi , namun jika kurang jelas bisa anda buka kembali postingan yang kemarin ya!

berikut adalah langkah-langkah installasi debian 8:
1. lanjut ke menu confrim nah di menu ini kita cukup klik saja finish.





2. nah setelah proses itu tadi kita keluar dari text editor tersebut setelah itu kita klik hasil dari itu yaitu 100(123) setelah itu kita klik start lalu console, maka akan muncul tampilan awal installasi debian.
nah di tampilan awal ini kita pilih install lalu enter.

3. lalu setelah itu akn mjuncul tampilan baru yang di tampilan berikut kita di suruh memilih bahasa yang ingin kita gunakan ,namun dianjurkan untuk memilih bahasa english lalu enter.
4. setelah itu kita akan memilih lokasi dimana server anda berada di sini server saya berada di other>asia>indonesia.


5.setelah itu muncul pilihan seperti dibawah gambar yaitu pilihan locales pilih “UnitedStates - en_US.UTF-8” tekan enter.
6. setelah muncul pilihan keyboard yang ingin and gunakan di isini saya gunakan keyboard yang tipe american english lalu enter.
7. setelah itu tunggu beberapa saat sampai loading selesai lalu akan muncul seperti gambar dibawah yaitu “network autoconfigure failed” jika jaringan yang anda gunakan adalah jaringan static atau manual maka anda harus memasukan IP server secara manual , tekan enter untuk continue.
8. kemudian di tampilan berikut bisa anda pilih "configure network manually" lalu klik enter.
9. lalu masukan ip dan prefix jaringan atau subnetmask-nya contoh seperti gambar dibawah 192.168.16.2/24 tekan tab takan enter (continue) untuk melanjutkan.
10. setelah itu masukan IP gateway nya contoh 192.168.16.1 tekan tab tekan enter (continue) untuk melanjutkan.
11.Kemudian anda diminta memasukan nameserver address seperti gambar dibawah ini anda dapat memasukan IP gateway kembali atau anda dapat mengisinya dengan dns-google 8.8.8.8 ,tapi di sini saya mengisikan ip gateway kembali yaitu 192.168.16.1 tekan tab tekan enter (continue) untuk melanjutkan.
12.setelah itu anda diminta untuk memasukan “hostname” atau nama komputer (host) silahkan masukan. nah disini saya ingin memasukan“sakti” lalu klik tab untuk masuk ke tab continue lalu klik enter untuk melanjutkan.
setelah itu kita di minta untuk memasukan nama domain untuk itu saya beri nama domain tersebut "sakti.sch.id" lalu setelah itu kita klik tab untuk menuju ke tab continue lalun klik enter untuk melanjutkan.
Selanjutnya diminta memasukan “root” password , password terserah anda, disini saya memberi password taruna123 setelah itu kita klik tab untuk menuju ke tab continue lalun klik enter untuk melanjutkan.
Dan diminta untuk memasukan password root kembali silahkan diisi sesuai dengan password root sebelumnya setelah itu kita klik tab untuk menuju ke tab continue lalun klik enter untuk melanjutkan.
13.Kemudian anda diminta untuk memasukan nama lengkap userbaru atau pengguna baru seperti gambar dibawah silahkan masukan nama pengguna disini saya memasukan  “usersakti” setelah itu kita klik tab untuk menuju ke tab continue lalun klik enter untuk melanjutkan .
 mungkin cukup ini dulu ya karna ada keterbatasan laman dari blooger sehingga harus kita akhiri samoai disini mungkin bisa saya lanjutkan di postingan berikutnya. atau mungkin bisa anda buka blog saya untuk lebih lanjutnya http://tri32wulandari.blogspot.co.id/.

OK.
















0 komentar:

Posting Komentar