Sabtu, 07 Mei 2016

CARA MEMBUAT USB BOOTABLE ATAU USB LIVE BOOT MENGGUNAKAN UNetbootin

Asslamu'allaikum kawan,

di sini saya ingin membagikan sedikit ilmu saya mengenai tentang bagaimana cara membuat USB bootable atau sering disebut dengan USB live boot dengan menggunakan UNetbootin.

nah sebelum kita ke caranya kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu booteble?, apa itu UNetbootin?dan bagaimana fungsi dari keduanya.



Bootable  adalah media penyimpanan data removable digital dari mana ke komputer dapat memuat dan menjalankan (boot) sistem operasi atau program utilitas. komputer harus memiliki program built-in akan memuat dan mengeksekusi manakah program dari boot disk standar pertemuan tertentu.

kegunaan booteble sebagai berikut:
  • instalasi sistem operasi
  • pemulihan data
  • Data membersihkan
  • Hardware atau software tips
  • BIOS flashing 
  • Menyesuaikan lingkungan operasi
  • demonstrasi software
  • akses administratif dalam kasus kehilangan password mungkin Dengan Sebuah boot disk tepat Dengan beberapa sistem operasi
  • Game (misalnya untuk komputer rumah Amiga) 
UNetbootin adalah UNetbootin (Universal Netboot Installer) adalah utilitas cross-platform dapat membuat USB hidup itu sistem dan dapat memuat berbagai sistem utilitas atau menginstal berbagai distribusi Linux dan sistem operasi lain tanpa CD.

sekarang alat-alat yang kita perlukan adalah sebagai berikut:
1. pc
2. ISO debian
3. sistem operasi (disini saya menggunakan linuxmint)  
4. jaringan internet
5. USB/flashdisk minimal 1 gb

nak sekarang ini adalah langkah-langkah yang harus di lakukan:

1. pertama kita siapkan terlebih dahulu ISO debian pada PC kita.
2. kita buka terminal dengan cara ctrl+alt+T untuk menginstal UNetbootin dengan cara ketikan apt-get install UNetbootin lalu enter maka tunggu prosesnya selesai.




3. setelah proses tersebut selesai seperti gambar berikut:
4. setelah selesai buka melalui tab menu dibagian bawah pejok lalu ketikan UNetbootin maka akan muncul maka klik 2 kali.
5.setelah kita klik 2 kali maka akna muncul jendela baru untuk menentuka instalassinya.
nah pada jendela ini pada bagian pilihan ISO pilih ISO yang akan kita install nah disini saya ingin menginstall ISO debian jadi saya memilih debian , lalu pada diskimage di beri tanda titik hitam dan pada browser kita letakan file ISO debian kita. setelah itu klik ok.

6.setelah kita klik ok maka akan muncul proses bootable seperti berikut:
7. setelah prossesnya selesai maka akan muncul pilihan berikut:
nah pada bagian ini kita di beri 2 pilihan yang pertama reboot now,jika kita klik reboot now maka kita akan mengalami reboot namun jika kita klik exit maka kita akan keluar dari texs editor tersebut dan selesai.


nah prakten kali ini berkesimpulan bahwa setiap ISO itu sebenarnya sudah bisa di install langsung namun dalam hal ini bertujuan sebagai pembungkus atau sebagai pecadang dalam sebuah USB agar  tidak cepat korup atau pun terkena virus.

sekian itu tadi yang dapat saya sampaikan semoga bermanfaat.


jika kurang jelas bisa anda lihat  di alamat browser berikut:

https://en.wikipedia.org/wiki/Live_USB
https://id.wikipedia.org/wiki/UNetbootin

0 komentar:

Posting Komentar