Kamis, 26 Mei 2016

MENGKONFIGURASI IPTRAF UNTUK MENGETAHUI LALU LINTAS JARINGAN

Assalamu'allaikum Wr.Wb

Untuk kali in saya akan mangakjak kalian untuk berkecimpung kedunia alamat iip dengan menggunakan iptraf, tapi sebelum kita lakukan konfigurasi dan pengecekkan kita perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu iptraf dan beriku ini adalah sedikit ulasannya.



*Pengertian
Iptraf adalah konsol berbasis software yang menyediakan informasi statistik mengumpulkan karya red. koneksi TCP, seperti statistik dan aktivitas interface dan tetes TCP dan lalu lintas UDP. Ini tersedia dalam sistem operasi GNU / Linux.

*Latar Belakang
Struktur data utama menggunakan fasilitas program yang berbeda di ganda terkait daftar, yang memfasilitasi gerakan mereka. Jumlah maksimum entri hanya dibatasi oleh memori yang tersedia random. Operasi pencarian di sebagian besar fasilitas dilakukan secara linear, fakta yang menyebabkan dampak yang ringan tapi hampir tak terlihat. Karena kecepatan yang cenderung meningkatkan traffic memantau ips, menggunakan tabel hash untuk melakukan pencarian lebih efisien. (Operasi pencarian yang dilakukan setiap kali program perlu memeriksa apakah itu sudah dalam daftar Ethernet atau IP address atau protokol atau port red.

*Alat dan Bahan
 1. Pc /laptop
 2. Jaringan internet
 3. Terminal emulator
 4. Ip yang digunakan untuk uji coba

*Maksud dan tujuan
 Mangsud dan tujuan saya disini adalah aplikasi ini saya install ingi saya gunakan untuk mengetahui trafix jaringan yang dengan ip yang saya gunakan .

*Langkah-langkah
1. Pertama kita buka terlebih dahulu terminal emulator kita dengan klik tombol ctrl+alt+t  lalu kita ketikan SU untuk masuk pada user superuser lalu masukan password seperti gambar berikut:
2. Setelah kita ketikan perintah berikut untuk melalukan installsasi iptraf seperti gambar berikut:
"apt-get install iptraf"
3.Setalh proses installasinya selesai maka kita ketika perintah berikut:
"iptraf"
4.Lalu setelah anda ketikan perintah tadi maka muncul tampilan berikut:
Berikut menu menu pada iptraf. Anda bisa mencobanya satu satu.dan berikut ini adalah dokumentasi saya.







*Kesimpulan
Pada kali ini saya menarik kesimpulan yang amat singkat yaitu aplikasi ini cukupmudan dan bahkan sangat mudah untuk di install jadi tak ada alasan kalian untuk tidak mencoba, ok.

*Reverensi
http://arditamania.blogspot.co.id/2016/05/mengetahui-lalulintas-jaringan-lewat-iptraft.html
https://es.wikipedia.org/wiki/IPTraf


Sekian dan terimakasih
Selamat mencoba semuga sukses

Wassalamu'allaikum Wr.Wb


0 komentar:

Posting Komentar