Senin, 02 Mei 2016

SETTING ACES POINT SEBAGAI PENERIMA ATAU SESSION SINYAL WIRELLESS

assalamu'allaikum kawan,,,
ayo belajar,.,.


SETTING ACES POINT SEBAGAI PENERIMA ATAU SESSION SINYAL WIRELLESS

Nah sekarang di sini saya akan melanjutkan setting point to pint dari blog sebelumnya kalau untuk ini saya akan menyetting sebagai penerima/session, sebenarnya caranya sama hanya saja ada sedikit perpedaan pada pemberian ip saja.

Access Point adalah sebuah perangkat jaringan yang berisi sebuah transceiver dan antena untuk transmisi dan menerima sinyal ke dan dari clients remote. Dengan access points (AP) clients wireless bisa dengan cepat dan mudah untuk terhubung kepada jaringan LAN kabel secara wireless.



nah disini kami melakukan setting berikut bertujuan agar kami mampu membuat wirelless dan manpu mengetahui seberapa kita ingin memanfaatkan, dan di dalam uji coba kali ini saya  dan teman-teman ingin mengetahui yang bernama pointing.

disini dalam setting aces point sebagai penerima  kita membutuhkan beberapa alat  yang harus ada yaitu sebagai berikut:
  • 2 pc/laptop
  • 4 kabel utp tipe straight
  •  airgrid sebagai pemancar
  • disini saya menggunakan SO linuxmint
  • web browser
  • jaringan wifi
secara garis besar, access Point berfungsi sebagai pengatur lalu lintas data, sehingga memungkinkan banyak Client dapat saling terhubung melalui jaringan (Network).
Atau jika ingin diperinci lebih jelas lagi fungsi access point adalah sebagai berikut :
1. Mengatur supaya AP dapat berfungsi sebagai DHCP server
2. Mencoba fitur Wired Equivalent Privacy (WEP) dan Wi-Fi Protected Access(WPA)
3. Mengatur akses berdasarkan MAC Address device pengakses
4. Sebagai Hub/Switch yang bertindak untuk menghubungkan jaringan lokal dengan jaringan wireless/nirkabel


berikut adalah langkah-langkah atau tahapan yang harus di lalui dalm setting aces point sebagai penerima atau session wirelles:
1.setelah kita siapkan semua peralatannya maka kita sambungakan adapter dengan rj45 di port LAN menuju ke port yang ada di pc, lalu kita pasangkan juga adapter dengan rj45 di port POE menuju ke port yang ada di airbird.

2. setelah itu kita setting IP pc kita disini say ingin memberikan IP pada pc saya 192.168.1.26 dns 255.255.255.0 gateway 192.168.1.20(ip default dari ubiquiti)


3. setelah kita setting ip maka kita masuk ke web browser dan masukan IP yang kita gunakan tadi maka akan muncul tampilan berikut:

lalu isikan usernamenya dengan ubnt pasword ubnt lalu pilih cuontrynya indonesia dan languagenya kita pilih english lalu pada i agree kita beri tanda ceklis lalu login.

4. setelah kita login maka akan muncul tampilan berikut ini;



5. setelah muncul tampilan berikut maka kita masuk ke manu system di menu system kita akan mengubah pada Device Name isikan sesuai keinginan (disini saya isi AP sagos) -> Interface Language = English -> Time Zone = (GMT+07:00) Bangkok , Jakarta, Hanoi -> Startup Date kita enable -> Startup Date kita atur sesuai hari ini -> klik change -> klik apply.

7. setela dari menu system maka kita langsung saja menuju ke menu network untuk menu advanced dan service kita lewati saja, pada menu ini kita juga akan mengubah pada Network Mode = Bridge -> Disable Network  = None -> Configuration mode = Simple -> Management Ip Address = Static ->  Ip Address kita ganti sesuai keinginan asalkan masih satu network -> ubah subnetmask dan gateway sesuai dengan ip default ubiquiti (192.168.1.20) -> klik change > klik apply. seperti gambar berikut;

 

8. setelah kita setting pada menu network maka kita lanjut pada menuwirelles pada menu ini kita juga akan mengubah Wireless Mode = Access Point (karena disini sebagai pemancar sinyal) -> SSID = isi sesuai keinginan (saya beri sagos sakti karene nama SSID harus di samakan dengan pemancar) -> Frequency List ,MHz = kita enable -> lalu edit (pilih frekuensi yang tepat / pilih yang jarang atau belum digunakan agar terhindar dari collision) -> Security = WPA2-AES -> WPA Autentication = PSK -> WPA Preshared Key = isikan password minimal 8 karakter ->klik change -> klik apply .
 


  9. setelah kita setting pada menu wirelles maka kita langsung saja pada menu airmax, pada menu ini kita akan sedikit mengubah  pada airMax: ? = enable (jika airMax di enable ka , maka hanya sesama airMax saja yang bisa ikut terhubung namun jikalau disable maka perangkat wireless lain bisa ikut terhubung ke AP) -> airView port: ? = 11111 (sesuai keinginan)  airView port ini digunakan untuk menghubungkan airMax yang lain . Antara AP dan Station harus memiliki airView port yang sama -> klik change - > klik apply .
 



 
10. AP yang kita buat sudah selesai, maka perlu pengujian atau pengecekan yaitu dengan cara kita perilsa pada pc teman kita sudah ada jaringan yang kita buat apa belum jika sudah berarti sudah selesai namun jika belum maka masih ada kesalahan yang harus di benahi

untuk sekarang ke duanya sudah berhasil.
dengan bukti sebagai gambar berikut:
 








Beberapa tahun yang lalu, kita dapat membedakan antara perangkat Wireless Access Point dan Wireless Router dari sisi harganya. Biasanya, perangkat Wireless Router akan lebih mahal harganya bila dibandingkan dengan perangkat Wireless Access Point. Namun, saat ini, perbedaan dari sisi harga sudah tidak relevan lagi jika digunakan sebagai perbandingan. Bahkan, saat ini beberapa perangkat Wireless Access Point harganya dapat melebihi harga perangkat Wireless Router.

mak dari itu kita melakukan setting aces point point to point.
sekian terima kasih semoga bermanfaat selamat mencoba dan berhasil...


0 komentar:

Posting Komentar