Kamis, 26 Mei 2016

SUBNETING MENGGUNAKAN IPCALC PADA TERMINAL LINUX

Assalamu'allaikum Wr.Wb

Untuk kali ini saya ingin mengajak kalin berkecimpung ke unia subneting dengan menggunakan ip cal atau sering di sebut dengan ip calcolatur di terminal linuxmint.Tapi sebelum kita melakukan konfigurasinya sebaiknya kita ketahui terlebih dahulu apa itu ipcalc berikut ini adalh ulasanya.

*Pengertian
Ipcalc atau ipcalc.net adalah utilitas GUI kecil yang menghitung alamat jaringan, alamat broadcast dan kisaran inang untuk ditentukan pengguna IP subnet.IPcalc.NET adalah utilitas kecil GUI yang menghitung alamat jaringan, alamat broadcast dan kisaran inang untuk yang ditentukan pengguna IP subnet.

*Latar Belakang
Ipcalc adalah sebuah tool IP Address Calculator yang berguna untuk mengetahui netmask IP, network IP, Broadcast IP dan beberapa informasi lainnya. Ipcalc juga dapat kita gunakan untuk subnetting. Kita bisa menginstallnya lewat terminal.


*Alat dan bahan
  • Pc /laptop
  • Jaringan intenet
  • terminal emulator
  • Ip yang akan di gunnakana utuk uji coba
*Maksud dan Tujuan
  Maksud dan tujuan saya disini adalah untuk memecahkan masalah yang sering terjadi ketika kita belum faham benar tentang apa itu subneting.

*Langkah-langkah
1. Pertama kita buka terlebih dahulu terminal emulator kita dengan ctrl+alt+t lalu kita masuk sebagai user superuser dengan ketikan SU lalu kita masukan password kita, seperti gambar berikut:
2. Setelah itu kita ketikan perintah berikut untuk menginstall aplikasi Ipcalc.
"apt-get install sipcalc ipcalc"
3. Lalu setelah selesai menginstal langsung saja kita uji coba dengan ip yang ingin  kita pecahkan mulai dari ipcacl terlebih dahulu seperti gambar dan perintah berikut ini:
"ipcalc 192.168.11.3/24"
 Ingat tapi jangan lupa di beri prefix ya soalnnya jika tidak di sertai prefix maka konfigurasi tidak akan terbaca karna aplikasi akan bingung untuk menentukan sabnet dan lain sebagainya.

4.Untuk senlanjutnya kita uji coba juga untuk yang sipcalc dengan perintah berikut ini:
"sipcalc 192.168.11.2/24"

5. Selesai silahkan pecahkan semua masalah tentang subneting dengan aplikasi ini.

*Kesimpulan
Kesimpulan adalah sebagai berikut, aplikasi ini di buat dan di instal berguna sebagai alat atau penyelasian atau cara baru yang digunakan untuk menyelesaikan masalah subneting dan ip yang lain sebaginya.

*Reverensi
http://arditamania.blogspot.co.id/2016/05/subnetting-menggunakan-ipcalc-pada-terminal-linux.html#more 
https://sourceforge.net/p/ipcalc-net/wiki/Home/
 

0 komentar:

Posting Komentar