Selasa, 24 Mei 2016

PENGENALAN MENGENAI WORDPRESS



Assalamu'allaikum Wr.Wb.


Untuk kali ini saya ingin mengajak kalian untuk mempelajari apa itu wordpress, mari kita simak ulasan berikut ini.


*Pengertian
Wordpress adalah sebuah aplikasi yang terbuka atau open source yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog.

*Latar belakang
Wordpress adalah penerus resmi dari b2/cafelog yang dikembangkan oleh Michel Valdrighi.Nama wordpress di usulkan oleh christine selleck dia adalah teman dari matt mullenweg.

*Maksud dan tujuan
Mangsud dan tujuan saya mengenalakan wordpress ini adalah untuk mengenalakan kepada semua orang apa itu wordpress itu sendiri. dan mungkin disini saya juga belum terlalu faham mengenai apa itu wordpress itu tersendiri.

*Keuntungan dari penggunaan wordpress
Berikut ini adalah keuntungan dari penggunaan wordpress adalah sebagai berikut:
1) WordPress bisa digunakan oleh orang awamm dan para developer
2) WordPress bisa diinstall ke dalam server kita sendiri
3) WordPress juga menyediakan server gratis apabila kita tidak punya server sendiri.
4) WordPress memiliki banyak theme yang bisa kita pakai untuk mengubah tampilah blog kita.
5) WordPress memiliki banyak plug-in yang bisa kita pakai untuk melengkapi blog seperti blog profesional, seperti statistik, kalendar,, hit counter, snap dan lain sebaginya
6) WordPress memiliki fitus Bahasa Indonesia sehingga cocok bagi yang kurang fasih berbagasa inggris
7) WordPress memiliki built-in Rich Text Editor sehingga kita bisa membuat blog semudah mengetik dokumen menggunakan MS
8) WordPress dilengkapi dengan fasilitas Spell-Check untuk membantgu kita menulis dalam Bahasa Inggris yang benar.
9) WordPress memiliki fitus anti-spam yang berfungsi untuk mencegah orang lain menulis pesan-pesan berbau promosi, pornografi dan materi lainnya di bagian “Comment” atau “Komentar”.
10) Apabila Kamu sudah punya blog di Blogger.Com, TypePad,LiveJour, atau lainnya, maka kamu dapat metransfer isi blog itu ke dalam blog baru kamu di WordPress lengkap dengan komentar-komentar  yang menyertainya.
11) WordPress akan mencatat setiap komentar baru yang masuk ke dalam blog kamu. Jadi, kamu bisa melacak komentar-komentar itu dan memutuskan sendiri apakah komentar itu perlu diedit ulang,dibuang,atau ditampilkan begitu saja.
12) WordPress mampu men-support RSS feed (metode yang memungkinkan para peselancar internet meng-akses informasi secara cepat) dan melakukan pelacakan seberapa banyak orang sudah registrasi ke RSS Feed kamu itu.
13) WordPress mengizinkan kamu membuat satu blog yang dibuat oleh banyak orang. Jadi,kamu bisa menciptakan blog komunitas.

*Fitur-fitur wordpress
Fitur-fitur yang dimiliki wordpress adalah sebagai berikut:
1. Gratis. Untuk bisa menggunakan wordpress, anda tidak perlu mengeluarkan uang sepeserpun. Anda bisa langsung membuat blog berbasis wordpress dengan mendaftar di wordpress.com atau jika anda ingin menggunakan wordpress di tempat hosting anda sendiri, anda bisa mendownload software wordpress secara gratis langsung dari situs nya. WordPress.org.
2. Plugin. WordPress memiliki ratusan bahkan ribuan plugin yang bisa digunakan untuk membuat blog anda menjadi lebih powerful. Plugin itu sendiri merupakan sebuah fitur tambahan yang bisa diintegrasikan dengan wordpress untuk memberikan fitur – fitur lainnya yang tidak ada dalam standar wordpress.
3. Permalink. Mungkin ini merupakan salah satu fitur wordpress yang paling powerful. Kemudahan dalam mengatur struktur permalink blog. Hal ini sangat penting untuk meningkatkan SEO blog.
4. SEO Optimized. Dengan adanya tambahan plugin disertai dengan kemudahan dalam struktur permalink, wordpress lebih baik dalam proses penerapan seo di banding blogging software lainnya.
5. Themes. WordPress themes merupakan tampilan / tema blog wordpress. Dengan adanya pilihan theme tersebut, para pengguna wordpress akan lebih mudah memilih dan mencari tampilan blognya sesuai dengan keinginannya sendiri. Selain itu, jika anda mengerti bahasa pemrograman web ( HTML, PHP, dan CSS) anda akan sangat mudah sekali merubah tampilan theme – theme wordpress yang ada. Bahkan anda pun bisa membuatnya sendiri.

*Kesimpulan
Kesimpulan dari ulasan tadi adalah wordpress merupakan  sebuah aplikasi yang terbuka atau open source yang sangat populer digunakan sebagai mesin blog, dan wordpress memiliki banyak keuntungan dan fiturnya sangat berfariasi.

*Reverensi
https://id.wikipedia.org/wiki/WordPress
https://luhursasmita.wordpress.com/fitur-wordpress/

0 komentar:

Posting Komentar